Latest News

Memanfaatkan google drive untuk arsip pembayaran online





Selamat malam sahabat, kali ini saya akan share manfaat storage could, atau tempat penyimpanan file di internet. Ada banyak sekali website yang menyediakan tempat penyimpanan online gratis dan juga dengan berbagai aturannya masing masing. Ini sangat penting menurut saya, jika anda selalu aktif di dunia online dengan multi payment, ada baiknya untuk berpikir segera arsipkan segala aktifitas anda, baik secara print manual, maupun menyimpan screen shoot struk bukti pembayaran online di media penyimpanan internet.

Hal ini untuk menjaga semua arsip pembayaran online, agar menjadi bukti kuat saat terjadi ketidak samaan antara arsip pembayar dan orang yang dibayar.

Kenapa harus penyimpanan online ? karena penyimpanan online mempunyai beberapa kelebihan dibanding penyimpanan offline, kelebihan peyimpanan online diataranya : 


  1. File bisa di akses di manapun, kapanpun tanpa harus pulang ker rumah hanya untuk mengambil arsip biasa.
  2. File bisa dishare dengan siapapun, bahkan di filter agar hanya owner yang mampu mengunduh file tersebut.
  3. File bisa tahan lama, awet dan aman dibanding dengan penyimpanan flasdisk maupun hardisk bisa beresiko rusak dan hilang.
Lantas ada berapa sih gan website penyimpanan onlie tersebut ? sangat banyak gan, diataranya ada ziddu, 4share, dropbox, megacoz, google drive, dan masih banyak lagi yang tidak mungkin saya sebutkan. Semua memiliki aturan kerja masing masing, ada yang benar benar gratis, ada juga yang berbayar. Jadi cermat cermatlah agan memilih tempat penyimpanan online, agar file tetap aman dan dapat digunakan sesuai dengan fungsinya.

Karena judul diatas tentang bagaimana memanfaatkan google drive ? maka saya akan membahas cara penyimpanan oline di google drive.

Google drive adalah tempat penyimpanan online yg disediakan google untuk para penggunanya. Jadi jelaslah sudah, untuk mendapatkan google drive agan harus terdaftar dahulu di gmail. Untuk lebih jelas bagaimana mengakses google drive lihat gambar dibawah ini.





 Pertama login ke gmail, kemudian setelah agan masuk gmail agan pilih menu
google drive dengan menekan tombol sesuai gambar diatas.

jika agan berhasil, maka agan akan dihadapkan pada interface sebagai berikut :

google drive

 
Sebaiknya agan membuat beberapa folder dengan beberapa nama, agar agan lebih mudah saat mengakses file anda dikemudian hari.



Klik folder untuk membuat folder baru, klik unggah untuk siap siap upload file (namun untuk cara ini, file tidak masuk ke folder yang kita inginkan dan berada di tempat diluar volder).

Jika folder sudah dibuat, klik folder kemudian klik kanan dan mulailah upload file yang akan di gunakan. Lihat gambar dibawah ini :

google drive


Mudah bukan?, jadi mulailah menyimpan arsip pembayaran online, untuk menjaga hal hal yang kita tidak inginkan.






4 Responses to "Memanfaatkan google drive untuk arsip pembayaran online"

  1. saya malah belum nyoba google drive nih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah lumayan juga tuh gan google drive, kalo tempat penyimpanan yang lain ngeri ngeri sedap, tiba tiba file kita lenyap semuanya, google drive aman karena punya om google :v

      Delete
    2. kalau untuk upload kapasitas kecil macem gambar gt paket inet saya kayaknya masih sanggup, makanya saya jarang gunain penyimpanan online.

      Delete
    3. kalo saya sering upload gambar bahkan file besar untuk dishare gan, kalo naro di ziddu dan 4share atau penyimpanan lain saya pernah sakit hati ... file raib semua dan saya enggak punya backup, sekalipun punya backup udah males upload lagi, filenya besar besar. kalo beli juga belum kepikiran ke arah sana, soalnya blognya juga belum menghasilkan ..

      Delete